Program

Pengelolaan Padi City Resort


Padi City Resort adalah sebuah resort dengan suasana pedesaan yang berada di tengah kota Malang. Padi City Resort memiliki 19 room, 1 cottage, 2 familly room, 2 meeting room indoor berkapasitas 20 orang dan 30 orang, 1 meeting gazebo outdoor kapasitas 10 orang, dengan ditunjang fasilitas kolam renang, kolam pancing, sawah padi organik, coffee shop, dan area yang cukup luas untuk berbagai kegiatan seperti outbound training, gathering, barbeque, dll.







Dalam pengelolaan Padi City Resort, terdapat berbagai paket menarik, diantaranya adalah: paket tanam padi, paket outbound training, menginap+rafting, menginap+paralayang, menginap+city tour, menginap+wisata Ngadas-Bromo, dll.

Move Indonesia mengelola Padi City Resort sejak Februari 2011. Lokasi: Jl. Regulus 9 (kompleks Jl. Tata Surya), Tlogomas, Malang.
---

Konservasi Mangrove Pulau Mengare 2010

Pulau Mengare terletak di Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pulau yang saat ini telah bersambung dengan daratan kabupaten Gresik ini merupakan muara dari Sungai Bengawan Solo, dan merupakan salah satu daerah penghasil bandeng terbaik di nusantara. Sayangnya, potensi tambak bandeng dan pantai yang ada di Pulau Mengare saat ini terancam rusak, akibat terjadinya abrasi yang diakibatkan oleh ombak laut dan rusaknya ekosistem mangrove di sepanjang pesisir Mengare.



Program Konservasi Mangrove Pulau Mengare dilaksanakan oleh kolaborasi beberapa lembaga yang tergabung dalam komunitas Volunteer Alam Lestari. Program ini disupport oleh Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa, dilaksanakan selama bulan  Juni s/d Agustus 2010, dan merupakan kelanjutan dari program yang sama pada tahun sebelumnya, dengan ragam aktivitas yang berbeda.


Dalam program ini dilakukan pendampingan masyarakat (community development),  pembuatan buletin Info Mangrove Mengare, pembuatan media kampanye lingkungan, pembuatan draf Peraturan Desa mengenai kawasan konservasi mangrove di desa Tajung Widoro- Mengare,  penyuluhan massal


 

 



pendidikan lingkungan bagi anak sekolah, pelatihan pemanfaatan buah mangrove bagi ibu-ibu dan remaja putri, pelatihan pembibitan mangrove untuk warga,  serta penelitian inventarisasi mangrove, penelitian inventarisasi burung, pembuatan pos pantau mangrove, pembuatan alat pemecah ombak sederhana, dan diakhiri dengan penanaman 10.000 bibit mangrove.

 



Dalam program ini juga dikolaborasikan pula dengan kegiatan Pelatihan Motivator Lingkungan Mangrove Mengare Camp untuk komunitas mahasiswa pencinta alam seluruh Indonesia yang diselenggarakan oleh pencinta alam Mapalipma IPM.
---

Konservasi Mangrove Pulau Mengare 2009

Program Konservasi Mangrove Pulau Mengare, diawali oleh kolaborasi beberapa lembaga yang tergabung dalam komunitas Volunteer Alam Lestari yang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional Jawa,  pada bulan Oktober s/d November 2009.





Dalam program ini dilakukan kegiatan pendampingan masyarakat (community development),  pembuatan media kampanye lingkungan hidup, pembuatan buku panduan pembibitan dan penanaman mangrove, penanaman 4000 bibit mangrove, serta sosialisasi isu konservasi mangrove Mengare melalui pembuatan film dokumenter "Menjaga Mengare", pembuatan web www.mangrovemengare.com dan mengangkat potensi dan permasalahan di Pulau Mengare melalui Trans TV.




---

Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa bersama Kelompok Mahasiswa Peneliti UNIBRAW

Program yang diprakarsai Cakti Indra Gunawan ini bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam melakukan penelitian dan menuangkannya dalam karya tulis ilmiah. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei 2008, diikuti lebih dari 50 kelompok mahasiswa peneliti dari berbagai  bidang disiplin ilmu.


---

Program Lomba Penulisan Puisi antar SMA se-Malang Raya

Program Lomba Penulisan Puisi antar pelajar SMA se-Malang Raya ini diselenggarakan atas kerjasama dengan Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeksplorasi minat dan kemampuan siswa SMA dalam berkarya di bidang sastra, khususnya puisi, yang berada pada ruang berlatih otak kanan, sebagai pengimbang dari berbagai aktivitas akademis sehari-hari yang lebih banyak melatih otak kiri. Kegiatan yang diselenggarakan pada bulan Maret 2008 ini diikuti oleh hampir 100 peserta dari berbagai sekolah se-Malang Raya, dengan kegiatan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan di aula kampus Universitas Tribhuwana. Lomba Penulisan Puisi antar SMA se-Malang Raya, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang